"Ya Tuhanku ampunilah aku, rahmatilah aku,
perbaikilah aku, angkatlah darjatku, berilah aku rezeki, pimpinlah aku, afiatkanlah aku dan maafkanlah aku."

Video & Gambar: Adzan berkumandang di Hagia Sophia Istanbul untuk pertama kalinya setelah 85 tahun


Muadzin mengumandangkan adzan dari dalam bekas katedral dan masjid untuk pertama kalinya setelah 85 tahun.

ANKARA
Muadzin di Hagia Sophia mengumandangkan adzan Subuh dari dalam landmark abad ke-6 Istanbul untuk pertama kalinya setelah 85 tahun pada hari Sabtu.

Bangunan bersejarah Hagia Sophia di distrik Sultanahmet mengumandangkan adzan dari menara setelah malam Lailatul Qadar pada Jumat, atau malam kekuasaan, menandai diturunkannya wahyu pertama Al-Quran kepada Nabi Muhammad.

Adzan Subuh yang berkumandang dari dalam Hagia Sophia, mungkin akan kembali memunculkan kontroversi atas penggunaan bangunan, yang dialihfungsikan sebagai museum pada tahun 1935 oleh Mustafa Kemal, Presiden Republik pertama Turki.
Meskipun Adzan telah berkumandang dari menara Hagia Sophia selama empat tahun terakhir, muadzin selalu melakukannya dari ruang shalat di lapangan museum ketimbang dari dalam bekas masjid dan katedral tersebut.

Dibangun sebagai basilika Kristen Ortodoks selama pemerintahan Kaisar Bizantium Justinian I pada 537 M, dengan struktur kubah yang terkenal, yang dikenal sebagai Ayasofya di Turki, kemudian dikonversi ke masjid setelah penaklukan kota Istanbul oleh Sultan Mehmet II pada tahun 1453.

Dalam beberapa tahun terakhir Adzan telah kembali berkumandang untuk mengembalikan bangunan sebagai tempat ibadah Muslim. Bulan lalu, pemerintah Yunani mengkritik pembacaan Al-Qur’an di Hagia Sophia selama bulan Ramadhan – kritik tersebut oleh Kementerian Luar Negeri Turki digambarkan sebagai hal yang “tidak dapat diterima”.
Adzan disiarkan dalam program televisi Sabtu menampilkan Mehmet Gormez, kepala Direktorat Urusan Agama.

Gormez menggambarkan serangan teroris di bandara Ataturk Istanbul, di mana 44 orang dan tiga penyerang tewas, sebagai bagian dari “perang yang dilancarkan pada Islam”.

Dia mengatakan Islam termasuk di antara korban terorisme. “Yang dibunuh tidak hanya kehidupan kita tetapi juga nilai-nilai tertinggi kemanusiaan yang telah dibawa oleh Islam,” katanya.

Anadolu Agency

Tiada ulasan: